Step 2.5


Penantian.


Hari penantian pengumuman terasa sangat lambat. Kata demi kata yang saya dengar dan baca di berbagai sumber berita rasanya selalu berulang-ulang dari pagi hingga malam. Kemudian saya mulai membongkar berbagai folder foto-foto di laptop dan kertas coretan lama di kamar saya. Tanpa disadari, ternyata saya telah banyak menyimpan foto-foto negara-negara yang ingin kunjungi, biasanya sih saya copy dari foto traveller di pinterest. Di kertas coretan waktu kuliah pun ternyata sering banget saya gambar-gambar coretan tentang negara-negara lain. Memang sejak kecil saya sangat senang bepergian, dan selalu bermimpi untuk menjelajah berbagai tempat baru. Secara nggak sadar, foto-foto itu, coretan-coretan itu, menumbuhkan berbagai semangat dan perasaan yang lumayan lucu di hati. Agak gemeteran dikit waktu membayangkan, rasa takut juga ada, tapi sebagian besar perasaan yang dirasakan justru semakin terpompa buat segera menjelajah. Negara mana aja yang ingin banget saya kunjungi? Tunggu di post selanjutnya ya! :)

Waktu membongkar kertas-kertas itu, saya juga menemukan satu lembar kertas dengan ikatan tali putih di atasnya. Ini adalah kertas permohonan dari karya Yoko Ono yang ditampilkan di ARTJOG 8 beberapa bulan lalu. Sebenarnya saya sudah menggantungkan harapan saya di pohon harapan atau "Wish Tree" karya Yoko Ono waktu itu, tapi karena saya datang ke ARTJOG dua kali, saya simpan kertas permohonan yang kedua dan belum saya isi. Kemudian saya tuliskan dengan penuh doa, masih gemeteran juga karena takut terlalu muluk-muluk. Setelah menulisnya, saya gantungkan di meja belajar saya, dekat kalender. untuk mengingatkan bahwa saya punya target, dan saya punya waktu untuk mengejarnya.



Setelah menanti beberapa minggu, akhirnya datang juga pengumuman yang berisi undangan wawancara 

I WAS EXTREMELY EXCITED AND NERVOUS AT THE SAME TIME !!

Saya memilih lokasi wawancara di Yogyakarta, yang lokasi wawancaranya ada di Gedung Keuangan Negara, Jl. Kusumanegara. Saya langsung refleks command + f nama saya. Akhirnya ketemu juga, saya dapat kelompok wawancara 8 dan kelompok Essay dan LGD 11B. Saya mendapatkan waktu wawancara pada hari kedua yaitu 20 Agustus 2015. Agak deg-degan sih, karena saya terima email undangan tersebut baru tanggal 15 Agustus 2015, jadi mepet banget ! Saya dapat jadwal kurang lebih seperti ini :

08.50 – 09.20           Essay on The Spot
09.30 – 10.20           LGD
13.00 – 14.00           Verifikasi Data
15.20 – 16.00           Wawancara

Setiap peserta pasti punya jadwal yang berbeda-beda ya urutannya. Jadi saya ceritakan berdasarkan urutan saya aja ya..

Pagi itu hari yang cukup cerah, saya bangun pagi dengan lebih semangat daripada hari biasanya. Cukup nervous, tapi dengan berbekal doa dan semangat dari orang tua serta teman-teman saya, saya semakin mantap. Saya cek ulang tas saya berisi semua dokumen asli, clipboard, pena, dan bekal makanan dan minuman. Saya mengucapkan doa, dan memandang tulisan motivasi yang ada di dinding kamar saya, kemudian berangkat bersama Valerie (motor kesayangan) saya. Sampailah saya di Gedung Keuangan Negara pada pukul 07.15. Saya melihat banyak sekali peserta yang sudah hadir. Ada yang duduk-duduk, ada yang ngobrol, ada yang sarapan, ada yang sudah agak goyang-goyang panik (hehe.. nervous kali ya). Saya kemudian berkenalan dengan beberapa orang dan ternyata kami satu kelompok! Lumayan lega juga dapat berkenalan dengan mereka dari pagi, sehingga bisa bareng-bareng terus waktu seleksi nanti. Setelah ngobrol agak panjang, kemudian ruang verifikasi dibuka. Kemudian kami masuk ke ruang verifikasi untuk absen saja, tapi belum verifikasi.

Setelah ini saya akan bahas kegiatan seleksi per tahap dalam post yang terpisah ya. Stay tuned !

xx,


T.

Comments

Popular posts from this blog

The Five Fashion Items I See Everywhere in Gothenburg

Baking with Titis : Brownies and Marble Cake

Titis dan Tempe